Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D.
dc.contributor.authorANDI AL-MUSTAGFIR SYAH
dc.date.accessioned2021-11-10T07:01:16Z
dc.date.available2021-11-10T07:01:16Z
dc.date.issued2021-07-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34256
dc.description.abstractSekolah luar biasa harus direncanakan dengan baik, tidak hanya berfokus pada kurikulum dan pembelajaran melainkan juga harus memastikan fasilitas penunjang yang ada disekolah dapat digunakan dengan layak dan tanpa hambatan, dengan memperhatikan anak berkebutuhan khusus sebagai bagian dari pengguna. Karena pada kenyataannya banyak permasalahan yang terjadi pada perencanaan fasilitas penunjang, khususnya dilingkup fasilitas ruang sekolah itu sendiri, banyak anak berkebutuhan khusus yang berada dilingkungan SLB masih kesulitan dalam melakukan mobilitas dengan baik secara independent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara rancangan aksesibilitas jurusan tunadaksa SLB Negeri 1 Bantul terhadap kenyamanan mobilitas siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi (mix methods) yaitu kualitatif case study dan kuantitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan simulasi sebagai strategi pengambilan data. Dengan responden anak disabilitas tunadaksa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun desain rancangan aksesibilitas Jurusan Tunadaksa SLB Negeri 1 Bantul sudah memenuhi syarat desain aksesibilitas yang disarankan pemerintah, namun hal tersebut belum secara menyeluruh memenuhi kebutuhan kenyamanan aksesibilitas tunadaksa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectaksesibilitasen_US
dc.subjectdisabilitas fisiken_US
dc.subjectsekolah luar biasaen_US
dc.titleStudi Aksesibilitas Ruang Dan Fasilitas Di Sekolah Luar Biasa Studi Kasus : Slb Negeri 1 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM17922001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record