Analisis Faktor Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Daging Kornet Halal Menggunakan Partial Least Square Dan Analisis Deskriptif
Abstract
Saat ini dengan kondisi zaman yang semakin berkembang terjadi perubahan gaya
konsumsi pada masyarakat. Masyarakat lebih menyukai makanan siap masak (ready to
cook) dan siap makan (read to eat) karena praktis, mudah diperoleh dan dapat disajikan
dengan cepat. Salah satu produk makanan siap saji adalah produk olahan daging yaitu
kornet (Rachman, et al., 2019). Namun dengan adanya pengolahan kembali dan
semakin beragamnya produk kornet yang beredar dipasaran mengharuskan masyarakat
untuk lebih memperhatikan dalam penentuan pembelian khususnya untuk masyarakat
muslim yang telah diperintahkan untuk mengkonsumsi makanan halal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepedulian masyarakat Indonesia dalam
penentuan pembelian daging kornet. Jumlah responden 100 orang yang didominasi dari
kalangan mahasiswa (58%) dengan rentang usia 21–30 tahun (61%). Penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil yang
diperoleh diantaranya: faktor terbesar yang mempengaruhi pembelian konsumen (Y)
pada produk daging halal dalam kemasan (kornet) adalah faktor daya tarik produk (X3)
dengan nilai signifikansi 0,687. Hubungan kehalalan kornet (X1) dengan variabel Y
yaitu variabel X1 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y sebesar
0,188 yang artinya konsumen masih memperhatikan kehalalan dari produk kornet
karena variabel terkait masih memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian produk kornet.
Collections
- Industrial Engineering [2224]