Usulan Pemilihan Pemasok Pada Permasalahan Kriteria Banyak Dengan Menggunakan Metoda Additive Ratio Assessment (ARAS)
Abstract
Multi Criteria Decision Making (MCDM) dapat difungsikan pada banyak
permasalahan seperti pemilihan pemasok. Subur Keramik yang bergerak dalam
bidang ekspor barang-barang kerajinan keramik yang mengutamakan kualitas,
memerlukan pemilihan pemasok yang memasok produk setengah jadi sebagai sarana
untuk menentukan urutan pemasok yang paling baik menurut kriteria yang ditentukan.
Urutan pemasok yang telah diketahui, nantinya sebagai bahan pertimbangan untuk
menentukan jumlah produk setengah jadi yang layak bagi masing-masing pemasok.
Proses pemilihan pemasok perajin ini dilakukan dengan menggunakan metode
Additive Ratio Assessment (ARAS) yaitu sebuah metode baru yang diperkenalkan
oleh Zavadskas dan Turskis (2010) dan sebagai metode pembanding menggunakan
SAW dan TOPSIS, tetapi sebelumnya untuk menentukan bobotnya menggunakan
metode AHP. Dari hasil analisis dengan menggunakan metode AHP-ARAS,
Handoyo Keramik menjadi alternatif pemasok terbaik dan dari hasil analisis
menggunakan metode pembanding yaitu SAW dan TOPSIS, masing-masing metode
menunjukkan hasil perangkingan yang sama yaitu Handoyo Keramik menjadi
alternatif terbaik dan akan terpilih sebagai pemasok produk setengah jadi di Subur
Keramik.
Kata Kunci : Multi Criteria Decision Making, Additive Ratio Assessment, SAW,
TOPSIS
Collections
- Industrial Engineering [2224]