Big Five Personality, Dorongan Mencari Sensasi Dan Maverickism Pada Individu Dalam Organisasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterkaitan antara lima faktor
kepribadian dalam big-five personality, dorongan mencari sensasi dan
maverickism pada individu yang bekerja dalam organisasi. Desain korelasional
diterapkan melalui survey terhadap 183 partisipan yang bekerja di dalam
organisasi (30.6% laki-laki, 69.4% perempuan, Musia = 26.7, SDusia = 6.6, Range
= 17 – 53 tahun). Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala
maverickisme yang dikembangkan Gardiner & Jackson (2012), skala dorongan
mencari sensasi (Hoyle et al., 2002), dan skala big five personality yang berisi
lima dimensi, yaitu openness to experience, conscientiousness, extraversion,
agreeableness, dan neuroticism (John & Srivastava, 1999). Hasil penelitian
menunjukkan adanya keterkaitan positif yang signifikan pada dimensi
extraversion, dimensi openness dan dorongan mencari sensasi terhadap
maverickisme. Sedangkan keterkaitan negatif yang signifikan ditunjukkan oleh
dimensi agreeableness terhadap maverickisme. Dimensi conscientiousness dan
neuroticism tidak memiliki keterkaitan yang signifikan terhadap maverickisme.
Collections
- Psychology [2173]