Implementasi User Centered Design Pada Pengembangan Gim Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak-Anak
Abstract
Pembelajaran agama adalah satu hal yang wajib dilakukan pada umat manusia untuk
memahami dan mengenal agama Islam. Pembelajaran dan pengenalan agama harus di lakukan
kepada manusia sejak dini terutama pada usia anak-anak yang sudah memiliki kemampuan
otak untuk menyerap informasi sebanyak 100%. Berkenaan dengan gim edukasi, saat ini sudah
terdapat banyak gim yang beredar di kalangan masyarakat, namun untuk gim edukasi
jumlahnya masih sedikit dan jarang untuk mengedukasi sehingga lebih banyak digunakan
untuk hiburan dan kesenangan dirinya saja.
Berdasarkan uraian diatas, merancang gim pembelajaran huruf hijaiyah untuk anak-anak
dengan metode User Centered Design menjadi pembahasan yang akan diangkat. Metode User
Centered Design adalah sebuah metode perancangan dimana pengguna dijadikan sebagai pusat
dari proses pengembangan sistem. UCD memiliki 4 aktivitas yaitu wawancara, analisis,
prototyping dan uji kelayakan. Pada tahap pertama adalah wawancara terhadap calon
pengguna, kemudian dilanjutkan dengan tahap Analisa permasalahan dan Analisa kebutuhan
hingga menghasilkan solusi untuk pembuatan gim. Setelah tahapan wawancara dan Analisa
dilakukan, dilanjutkan dengan tahap prototyping dimana di tahap ini ada 2 tahapan yaitu
perancangan desain dan pengimplementasian desain. Dan tahapan yang terakhir adalah uji
kelayakan terhadap sistem dan calon pengguna. Pada uji kelayakan sistem menggunakan
metode Black Box dan untuk uji kelayakan terhadap calon pengguna menggunakan metode
pengujian Usabilitas. Dalam UCD, faktor utama yang akan dijadikan dalam penelitian gim ini
adalah pengguna selaku pihak yang paling banyak melakukan interaksi. Dimana ini akan
mempertajam kesan pengguna terhadap gim edukasi ini, yang diharapkan menjadi penilaian
yang lebih efektif. Oleh karena itu, UCD dirasa akan tepat dan sesuai untuk dipakai sebagai
metode dalam penelitian ini karena penulis merasa ketika menggunakan metode UCD dan
sudah melalui tahapan-tahapan yang ditentukan namun terdapat kekurangan atau hal yang
dirasa kurang pas maka bisa dilakukan pengujian ulang dari tahap pertama atau tahap yang
diinginkan. Hal tersebut juga yang menjadikan metode UCD ini merupakan metode yang
fleksibel dan tepat untuk melakukan pengembangan atau pembuatan gim edukasi.
Collections
- Informatics Engineering [2170]