Perbandingan Kualitas Situs Internet Banking Menggunakan Webqual 4.0 Menurut Persepsi Pemilik Toko Online
Abstract
Salah satu jasa layanan perbankan yaitu internet banking sudah menjadi
kebutuhan individu yang memiliki mobilitas tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini
ingin mengetahui seberapa besar kualitas internet banking dari persepsi pemilik toko
online dengan menggunakan salah satu alat ukur kualitas web WebQual 4.0
Dalam penelitian ini responden adalah pemilik toko online yang
menggunakan internet banking Bank Mandiri dan Bank Central Asia sebagai sampel
penelitian. Data yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah data primer
yaitu data yang diperoleh langsung dari para responden melalui penyebaran
kuesioner. Beberapa penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas
instrument, Uji T (t-test) dan Uji F (F-test).
Hasil analisis tersebut adalah, profile responden pemilik toko online yang
menggunakan internet banking, rata-rata bekerja sebagai wirausaha dengan rentang
umur 21-25tahun tahun dan berlatar belakang pendidikan Sarjana (S1) yang
mayoritas berjenis kelamin Pria. Instrument kuesioner dikatakan valid dan reliabel,
dari analisis Uji T dan Uji F, bahwasanya profil responden dan dimensi WebQual 4.0
saling mempengaruhi untuk kualitas internet banking. Persepsi pemilik toko online
menggunakan internet banking dari Kesimpulan dari grafik responden untuk dimensi
kegunaan item kuesioner BCA secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata lebih tinggi
daripada Bank Mandiri. Untuk dimensi Kualitas Informasi, 70% dari item kuesioner
BCA memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada Mandiri. Untuk dimensi Kualitas
Interaksi item kuesioner BCA dan Bank Mandiri memiliki nilai rata-rata yang cukup
seimbang. Dari dimensi secara keseluruhan, BCA memiliki perbedaan nilai rata-rata
yang cukup tinggi dari rata-rata Bank Mandiri
.
Kata kunci : kualitas, internet banking, WebQual 4.0
Collections
- Informatics Engineering [2170]