Efektifitas Pelatihan Service Excellence Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Yang Berorientasi Kepada Customer Di Wisata Agro Gondang Winangoen Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan service excellence terhadap kualitas layanan pada karyawan di wisata AGRO Gondang Winangoen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa pelatihan service excellence efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi kepada customer di wisata AGRO Gondang Winangoen Klaten. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Subjek penelitian 17 orang pada kelompok eksperimen. Subjek dalam kelompok eksperimen yang diberi pelatihan service excellence. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama dua kali pertemuan masing . masing selama 3 -4 jam. Alat ukur penelitian berupa angket kualitas pelayanan, hasil penelitian dianalisis menggunakan non parametric The Walsh Test. Hasil analisis data pada skala kualitas layanan menunjukan terdapat peningkatan kualitas layanan yang signifikan pada kelompok eksperimen, dengan nilai a > 0 dengan a = 0,047. Hasilnya menunjukan bahwa kualitas layanan karyawan meningkat secara signifikan setelah pelatihan service excellence diberikan.
Collections
- Master of Psychology [349]