Analisis Tingkat Kepuasan Proses E-Learning Selama Pandemi Covid-19 Dengan Metode Servqual (Studi Kasus: Sma X Balikpapan)
Abstract
Pemerintah Indonesia menetapkan aturan physical dan social distancing sebagai wujud
pencegahan terhadap coronavirus. Salah satu yang terdampak oleh aturan ini adalah
institusi pendidikan (sekolah). Kegiatan akademik yang semula on ground class berubah
dengan cepat menjadi online class. Tentunya hal ini dapat menyebabkan masalah
dikarenakan ketidaksiapan sekolah dalam menangani hal tersebut. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pada proses e-learning sebagai pengganti
kelas tatap muka menurut guru dan murid. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan
suatu metode untuk dapat meningkatkan kualitas proses e-learning. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode servqual. Metode servqual akan
mengidentifikasi atribut pelayanan mana saja yang perlu untuk ditingkatkan. Sedangkan
diagram kartesius dalam penelitian ini digunakan untuk menentukan prioritas atribut
pelayanan. Dari hasil penelitian didapatkan keseluruhan atribut pelayanan membutuhkan
perbaikan, sehingga yang menjadi prioritas perbaikan adalah atribut konsisten pada
materi belajar, kreatif saat mengajar, dan jelas saat mempresentasikan materi.
Collections
- Industrial Engineering [2225]