Sistem Informasi Pemesanan Paket Kunjungan Di Kampung Wisata (Studi Kasus : Sakawisata Kampung Kauman Yogyakarta)
Abstract
Kampung Kauman merupakan satu-satunya kampung wisata yang berbasis religi Agama
Islam di Kota Yogyakarta. Pada kampung ini terdapat tapak tilas sejarah syiar keislaman
khususnya berdirinya organisasi Islam Muhammadiyah di Yogyakarta dan Indonesia pada
umumnya. Pengelola kampung wisata ini adalah SAKAWISATA yang merupakan
masyarakat Kampung Kauman di bawah naungan Dinas Pariwisata kota Yogyakarta.
Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 70.3% responden yang merupakan wisatawan dan
masyarakat sekitar Kauman belum banyak mengetahui bahwa Kampung Kauman merupakan
kampung wisata di kota Yogyakarta yang menawarkan wisata sejarah. Belum terdapat pusat
informasi berkaitan produk, paket kunjungan, dan pengenalan situs-situs dari Kampung
Wisata Kauman. Berdasarkan hasil obeservasi penulis, proses pemesanan paket wisata saat
ini dengan mengunjungi kantor SAKAWISATA atau melalui telepon/WhatsApp untuk
mengetahui informasi yang dibutuhkan. Hal ini dirasa kurang efektif. Berdasarkan data
laporan kunjungan pada tahun 2019 terdapat 2.781 wisatawan yang berkunjungan, apabila
masih menggunakan sistem pemesanan saat ini akan bermasalah dan terbatasnya informasi
yang diberikan. Pendataan kunjungan baik dari masyarakat umum maupun instansi masih
dicatat secara manual dan belum ada pendataan per bulannya. Serta, belum adanya pendataan
buku tamu bagi wisatawan saat datang berkunjung.
Berdasarkan permasalahan di atas, diperlukan adanya sistem informasi yang dapat
membantu pengunjung dalam mencari informasi mengenai kampung wisata Kauman dan
juga pemesanan paket kunjungan secara online. Selain itu, sistem informasi diperlukan untuk
melakukan pendataan kunjungan secara periodik. Maka dari itu, dibagunlah Sistem Informasi
Pemesanan Paket Kunjungan di Kampung Wisata Kauman berbasis website dengan
mengunakan metode prototyping. Sistem informasi ini dapat membantu para calon wisatawan
dalam mengetahui informasi, membantu dalam proses pemesanan paket kunjungan,
membantu SAKAWISATA dalam mengelola pemesanan kunjungan, dan mengelola data
kunjungan di Kampung Wisata Kauman. Fitur yang dibangun pada sistem ini meliputi
registrasi user sebagai member, pemilihan dan pemesananan paket kunjungan, pengajuan
reschedule jadwal kunjungan apabila calon wisatawan ingin mengganti tanggal kunjungan,
pengajuan pembatalan kunjungan, pembayaran kunjungan dengan DP (down payment) atau
lunas, notifikasi pembayaran yang dikirimkan via email, serta konfirmasi pembayaran.
Sistem ini diuji menggunakan pengujian metode black box yang dilakukan dari sisi
pengembangan sistem dan pengujian usability dilakukan dari sisi pengguna dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan pada hasil pengujian black box, semua fitur yang diuji menunjukkan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Sedangkan berdasarkan pada hasil pengujian usability, semua asepk teknis yang diuji menunjukkan nilai rata-rata 94.9% bahwa sistem dapat diterima oleh pengguna dengan kriteria intepretasi skala likert sangat setuju.
Collections
- Informatics Engineering [2162]