Show simple item record

dc.contributor.advisorChanifah Indah Ratnasari, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.authorMUTIARA A’YUN
dc.date.accessioned2021-11-04T07:03:51Z
dc.date.available2021-11-04T07:03:51Z
dc.date.issued2021-06-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34046
dc.description.abstractKampung Kauman merupakan satu-satunya kampung wisata yang berbasis religi Agama Islam di Kota Yogyakarta. Pada kampung ini terdapat tapak tilas sejarah syiar keislaman khususnya berdirinya organisasi Islam Muhammadiyah di Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya. Pengelola kampung wisata ini adalah SAKAWISATA yang merupakan masyarakat Kampung Kauman di bawah naungan Dinas Pariwisata kota Yogyakarta. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 70.3% responden yang merupakan wisatawan dan masyarakat sekitar Kauman belum banyak mengetahui bahwa Kampung Kauman merupakan kampung wisata di kota Yogyakarta yang menawarkan wisata sejarah. Belum terdapat pusat informasi berkaitan produk, paket kunjungan, dan pengenalan situs-situs dari Kampung Wisata Kauman. Berdasarkan hasil obeservasi penulis, proses pemesanan paket wisata saat ini dengan mengunjungi kantor SAKAWISATA atau melalui telepon/WhatsApp untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan. Hal ini dirasa kurang efektif. Berdasarkan data laporan kunjungan pada tahun 2019 terdapat 2.781 wisatawan yang berkunjungan, apabila masih menggunakan sistem pemesanan saat ini akan bermasalah dan terbatasnya informasi yang diberikan. Pendataan kunjungan baik dari masyarakat umum maupun instansi masih dicatat secara manual dan belum ada pendataan per bulannya. Serta, belum adanya pendataan buku tamu bagi wisatawan saat datang berkunjung. Berdasarkan permasalahan di atas, diperlukan adanya sistem informasi yang dapat membantu pengunjung dalam mencari informasi mengenai kampung wisata Kauman dan juga pemesanan paket kunjungan secara online. Selain itu, sistem informasi diperlukan untuk melakukan pendataan kunjungan secara periodik. Maka dari itu, dibagunlah Sistem Informasi Pemesanan Paket Kunjungan di Kampung Wisata Kauman berbasis website dengan mengunakan metode prototyping. Sistem informasi ini dapat membantu para calon wisatawan dalam mengetahui informasi, membantu dalam proses pemesanan paket kunjungan, membantu SAKAWISATA dalam mengelola pemesanan kunjungan, dan mengelola data kunjungan di Kampung Wisata Kauman. Fitur yang dibangun pada sistem ini meliputi registrasi user sebagai member, pemilihan dan pemesananan paket kunjungan, pengajuan reschedule jadwal kunjungan apabila calon wisatawan ingin mengganti tanggal kunjungan, pengajuan pembatalan kunjungan, pembayaran kunjungan dengan DP (down payment) atau lunas, notifikasi pembayaran yang dikirimkan via email, serta konfirmasi pembayaran. Sistem ini diuji menggunakan pengujian metode black box yang dilakukan dari sisi pengembangan sistem dan pengujian usability dilakukan dari sisi pengguna dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan pada hasil pengujian black box, semua fitur yang diuji menunjukkan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Sedangkan berdasarkan pada hasil pengujian usability, semua asepk teknis yang diuji menunjukkan nilai rata-rata 94.9% bahwa sistem dapat diterima oleh pengguna dengan kriteria intepretasi skala likert sangat setuju.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKampung Wisata Kaumanen_US
dc.subjectKampung Wisataen_US
dc.subjectSAKAWISATAen_US
dc.subjectprotoypingen_US
dc.subjectblack boxen_US
dc.subjectusabilityen_US
dc.titleSistem Informasi Pemesanan Paket Kunjungan Di Kampung Wisata (Studi Kasus : Sakawisata Kampung Kauman Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM15523082


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record