ANALISIS FAKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DI ERA PANDEMI
Abstract
Kondisi pandemi menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring.
Pelaksaan pembelajaran daring dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi teknologi agar tetap
memberikan kemudahan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan. Dengan penggunaan
teknologi informasi diharapkan minat belajar mahasiswa akan tetap tinggi dan komunikasi
yang mendukung pembelajaran daring yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh teknologi informasi dan kemudahan terhadap minat belajar mahasiswa.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti proses belajar mengajar melalui
aplikasi daring pada perguruan Tinggi Swasta di Medan. Teknik pengumpulan data
menggunakan daftar pertanyaan dan questioner online yang diuji validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial teknologi informasi berpengaruh signifikan
terhadap minat belajar, secara parsial variabel kemudahan berpengaruh signifikan terhadap
minat belajar dan secara simultan teknologi informasi dan kemudahan berpengaruh signifikan
terhadap minat belajar mahasiswa di era pandemi .