Penerapan Blue Ocean Strategy Untuk Menciptakan Market Baru Pada Klinik Perawatan Bayi Berdasarkan Analisis Quality Function Deployment (Studi Kasus di Little Bee Baby Spa Surabaya)
Abstract
era globalisasi seperti sekarang ini, masyarakat tergolong sebagai masyarakat
urban yang segalanya serba praktis, instan, modern serta fungsional. Akan tetapi,
gaya hidup yang serba modern tidak hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa saja,
namun bayi-bayi pun juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas layaknya orang dewasa.
Sekarang ini, tempat perawatan tubuh yang umumnya diperuntukan untuk orang
dewasa juga disediakan untuk bayi, misalnya ada salon maupun tempat SPA dan
massage untuk bayi. Jika SPA dan massage untuk orang dewasa sudah banyak dan
dapat dengan mudah ditemui di kota Surabaya, maka dengan dukungan kemajuan
teknologi seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan tempat SPA
dan massage untuk bayi di kota tersebut. Pengaruh persaingan global tentu menjadi
suatu tantangan bagi suatu industri jasa macam klinik perawatan bayi ini untuk
mencari suatu strategi pemasaran baru agar mendapatkan komunitas konsumen yang
maksimal dan keuntungan yang maksimal tanpa harus masuk ke dalam persaingan
yang sudah ada. Data yang dikumpukan kemudian diolah dengan menggunakan
Quality Function Deployment (QFD) dan Blue Ocean Strategy (BOS). QFD adalah
suatu metode terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan
pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan
konsumen, serta mengevaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sedangkan Blue Ocean
Strategy (BOS) merupakan sebuah strategi bisnis yang menciptakan ruang pasar baru
dan belum memiliki pesaing. Strategi ini berfokus pada menumbuhkan permintaan
serta menjauh dari kompetisi. Dalam penelitian ini, akan menggunakan metode BOS
dan QFD untuk untuk mendesain produk jasa yang baru, memfokuskan pada apa
yang dirasakan dan diinginkan oleh pelanggan, dapat mengetahui secara langsung
perbandingan tingkat kepuasan pelanggan kita dan pesaing, dapat mengetahui secara
langsung kompetisi antara produk kita dan produk pesaing, serta dapat menciptakan
pangsa pasar baru dengan merumuskan strategi baru yang belum ada pesaingnya
berdasarkan keinginan pelanggan sendiri. Setelah dilakukan pengolahan
menggunakan QFD, selanjutnya digambarkan dalam kanvas strategi dan dilakukan
penerapan skema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa atribut kecepatan dan ketepatan karyawan dalam melakukan
treatment sesuai dengan jadwal yang dijanjikan merupakan faktor yang diusulkan
untuk dilakukan pengurangan, kemudian faktor yang harus ditingkatkan adalah
atribut adanya peralatan dan perlengkapan yang modern, lengkap, dan mutakhir
sesuai dengan jasa yang ditawarkan dan atribut sistem pencatatan transaksi yang
akurat dan bebas dari kesalahan. Selain itu faktor yang diusulkan untuk diciptakan
dan segera dilaksanakan adalah pembuatan kartu pelanggan (member card) dan
penambahan area bermain (play ground).
Kata kunci: baby spa, Quality Function Deployment, Blue Ocean Strategy, skema
hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan
Collections
- Industrial Engineering [2224]