Show simple item record

dc.contributor.advisorTaufiq Immawan, S.T., M.M.
dc.contributor.authorHanif Reza Adhitama Zein
dc.date.accessioned2021-10-28T07:38:07Z
dc.date.available2021-10-28T07:38:07Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33831
dc.description.abstractera globalisasi seperti sekarang ini, masyarakat tergolong sebagai masyarakat urban yang segalanya serba praktis, instan, modern serta fungsional. Akan tetapi, gaya hidup yang serba modern tidak hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa saja, namun bayi-bayi pun juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas layaknya orang dewasa. Sekarang ini, tempat perawatan tubuh yang umumnya diperuntukan untuk orang dewasa juga disediakan untuk bayi, misalnya ada salon maupun tempat SPA dan massage untuk bayi. Jika SPA dan massage untuk orang dewasa sudah banyak dan dapat dengan mudah ditemui di kota Surabaya, maka dengan dukungan kemajuan teknologi seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan tempat SPA dan massage untuk bayi di kota tersebut. Pengaruh persaingan global tentu menjadi suatu tantangan bagi suatu industri jasa macam klinik perawatan bayi ini untuk mencari suatu strategi pemasaran baru agar mendapatkan komunitas konsumen yang maksimal dan keuntungan yang maksimal tanpa harus masuk ke dalam persaingan yang sudah ada. Data yang dikumpukan kemudian diolah dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) dan Blue Ocean Strategy (BOS). QFD adalah suatu metode terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengevaluasi secara sistematis kapabilitas suatu produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sedangkan Blue Ocean Strategy (BOS) merupakan sebuah strategi bisnis yang menciptakan ruang pasar baru dan belum memiliki pesaing. Strategi ini berfokus pada menumbuhkan permintaan serta menjauh dari kompetisi. Dalam penelitian ini, akan menggunakan metode BOS dan QFD untuk untuk mendesain produk jasa yang baru, memfokuskan pada apa yang dirasakan dan diinginkan oleh pelanggan, dapat mengetahui secara langsung perbandingan tingkat kepuasan pelanggan kita dan pesaing, dapat mengetahui secara langsung kompetisi antara produk kita dan produk pesaing, serta dapat menciptakan pangsa pasar baru dengan merumuskan strategi baru yang belum ada pesaingnya berdasarkan keinginan pelanggan sendiri. Setelah dilakukan pengolahan menggunakan QFD, selanjutnya digambarkan dalam kanvas strategi dan dilakukan penerapan skema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kecepatan dan ketepatan karyawan dalam melakukan treatment sesuai dengan jadwal yang dijanjikan merupakan faktor yang diusulkan untuk dilakukan pengurangan, kemudian faktor yang harus ditingkatkan adalah atribut adanya peralatan dan perlengkapan yang modern, lengkap, dan mutakhir sesuai dengan jasa yang ditawarkan dan atribut sistem pencatatan transaksi yang akurat dan bebas dari kesalahan. Selain itu faktor yang diusulkan untuk diciptakan dan segera dilaksanakan adalah pembuatan kartu pelanggan (member card) dan penambahan area bermain (play ground). Kata kunci: baby spa, Quality Function Deployment, Blue Ocean Strategy, skema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectbaby spaen_US
dc.subjectQuality Function Deploymenten_US
dc.subjectBlue Ocean Strategyen_US
dc.subjectskema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakanen_US
dc.titlePenerapan Blue Ocean Strategy Untuk Menciptakan Market Baru Pada Klinik Perawatan Bayi Berdasarkan Analisis Quality Function Deployment (Studi Kasus di Little Bee Baby Spa Surabaya)en_US
dc.Identifier.NIM07522148


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record