Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Melalui Pendekatan Balanced Scorecard Dan Analytical Hierarchy Process Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Performansi Perusahaan (Studi Kasus Dixie Easy Dining Restaurant Yogyakarta)
Abstract
Dixie Easy Dining Restaurant merupakan restaurant dan café yang berada di
Yogyakarta. Dixie Easy Dining Restaurant Yogyakarta pertama kali didirikan pada tahun
2005 kemudian terus berkembang dan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan
yang terbaik dan meningkatkan kepuasan konsumen.Dengan melalui pendekatan
Balanced Scorecard bertujuan untuk menghitung kinerja perusahaan, dan kemudian
dilakukan pengambilan keputusan dalam penambahan atribut yang dibutuhkan, Dixie
Easy Dining Restaurant perlu meningkatkan kepuasan konsumen serta meningkatkan
jumlah pelanggan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process ( AHP ).Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan sudah cukup baik, namun masih
perlu adanya perbaikan kedepannya untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Dari hasil
perhitungan Analytical Hierarchy Process ( AHP ) diperoleh hasil bahwa nilai tertinggi
diperoleh pelebaran musholla dengan nilai sebesar 0.47192 , kemudian pelebaran tempat
parkir sebesar 0.3176 dan urutan terendah ialah tempat bermain anak dengan nilai
sebesar 0.2139.
Kata kunci : Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard, dan Analytical Hierarchy Process
Collections
- Industrial Engineering [2235]