Peningkatan Kinerja Layanan dan Penentuan Strategi Pengembangan Pengelolaan Tempat Wisata (Studi Kasus pada Agro Mina Wisata Karang Asri, di Desa Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman)
Abstract
Karangasri Adventure Service (KAS) adalah pihak yang serius mengelolah
usaha pariwisata alam di Agro Mina Wisata Karang Asri dan senantiasa
meningkatkan kinerja perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan yang
diinginkan sehingga dapat tercapainya keuntungan perusahaan dan kesejahteraan
masyarakat sekitarnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja Karangasri Adventure Service
(KAS) terhadap tingkat kepuasan pengunjung menggunakan metode Importance
Performance Analysis (IPA) disetiap atribut yang ditawarkan, lalu mengukur tingkat
kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan dari
atribut-atribut produk/jasa yang ditawarkan menggunakan metode Customer
Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui index kepuasan pengunjung, serta
merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usaha menggunakan analisis
SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat).
Hasil penelitian kinerja Karangasri Adventure Service (KAS) yang menjadi
perhatian pengelola dalam memperbaiki kinerja pelayanan yaitu atribut-atribut pada
kuadran I yaitu sarana jalan yang memadai, tersedianya fasilitas tempat ibadah, dan
fasilitas danau buatan. Untuk index kepuasan pengunjung sebesar 0,77 yang artinya
pengunjung yang datang menikmati produk/jasa yang ditawarkan pada level puas.
Strategi yang dapat dilakulkan oleh Karangasri Adventure Service (KAS)
berdasarkan analisis SWOT adalah strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu
memberikan/memperbaiki fasilitas yang sesuai dengan keinginan konsumen, dan
meningkatkan pelayanan prima terhadap pengunjung yang datang.
Kata Kunci : Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction
Index (CSI), Analisis SWOT
Collections
- Industrial Engineering [2321]