Penerapan Model Make A Match Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Terhadap Minat Dan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas X Smk Bina Harapan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara model pembelajaran Make A Match dengan model konvensional
terhadap minat belajar siswa kelas X pada materi pokok tata nama senyawa kimia.
(2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran
Make A Match dengan model konvensional terhadap keterampilan kerjasama siswa
kelas X pada materi pokok tata nama senyawa kimia. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen menggunakan Quasi Eksperimental Design yaitu Posttest
Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas X SMK Bina Harapan Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020
yang berjumlah 2 kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen
yang digunakan meliputi angket untuk data minat dan lembar observasi untuk data
keterampilan kerjasama. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak
terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Make A Match
terhadap minat belajar peserta didik pada materi tata nama senyawa kimia kelas X
SMK Bina Harapan Yogyakarta 2019/2020. (2) Terdapat perbedaan yang
signifikan penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap keterampilan
kerjasama peserta didik pada materi tata nama senyawa kimia kelas X SMK Bina
Harapan Yogyakarta 2019/2020.
Collections
- Chemistry Education [324]