Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Subhan Afifi, M.Si.
dc.contributor.authorPASHA SYAHRITSA MAULANA
dc.date.accessioned2021-10-27T04:28:58Z
dc.date.available2021-10-27T04:28:58Z
dc.date.issued2021-06-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33711
dc.description.abstractManusia adalah Homo Socius, artinya manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup tanpa berinteraksi dengan seseorang atau kelompok lain. Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah lembaga yang harus berinteraksi dengan berbagai pihak untuk pengembangannya. Sekolah adalah lembaga yang menyediakan pendidikan. Maka dari itu, Sekolah harus membangun dan merawat hubungan internal dan eksternal untuk menggapai pendidikan yang berkualitas. Namun, saat ini masih terdapat banyak konflik yang terjadi di internal and eksternal Sekolah. Demi tercapainya pendidikan yang berkualitas serta pengembangan dari Sekolah, maka pihak Sekolah harus menerapkan strategi Public Relations untuk mendapatkan dukungan dari publik internal dan eksternal Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi Public Relations Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Selokerto di ranah internal dan eksternal beserta hambatan, dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya peran Public Relations di dalam lembaga pendidikan. Paradigma penelitian adalah konstruktivisme, pendekatan penelitian adalah studi kasus, dan metode penelitian adalah kualitatif. Temuan penelitian. Wakil Kepala Sekolah Bidang (Waka.Bid) Public Relations SDIT Darussalam Selokerto belum terbentuk secara resmi, diurus dengan sistem rangkap jabatan, berposisi dibawah Kepala Sekolah, dan berfokus pada ranah eksternal. Pertama, Internal Relations. Kepala Sekolah selalu memberikan arahan untuk berkomunikasi yang baik dalam menjaga komunikasi internal, dan Kepala Sekolah selalu mengingatkan nilainilai lembaga dengan cara yang tidak kaku. Kemudian, lima media efektif internal dan program Employee Relations telah diterapkan. Kedua, penerapan External Relations. Pihak Sekolah telah membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar, dan pihak Sekolah menjaga hubungan seperti melakukan kunjungan ke masyarakat sekitar, mengadakan program, dan membantu perekonomian setempat. Kemudian, pihak Sekolah telah membangun hubungan baik dengan instansi pemerintah seperti UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan dan Dinas Pendidikan, dan pihak Sekolah menjaga hubungan baik dengan berperan aktif melakukan tugas dan mengikuti instruksi. Terakhir, hambatan pelaksanaan strategi Public Relations adalah dari segi sumber daya manusia, hambatan komunikasi internal, dan anggaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.subjectlembaga pendidikan islamen_US
dc.subjectsekolah dasar islam terpaduen_US
dc.titleStrategi Public Relations Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Selokerto)en_US
dc.Identifier.NIM17321063


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record