Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Siswa Sma Di Yogyakarta Selama Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai
sektor, salah satunya pendidikan. Perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid19
memiliki
dampak
psikologis
terutama
pada
siswa
sekolah.
Padahal
kesejahteraan
psikologis
sangat
penting
untuk
dimiliki
siswa
terutama
pada
masa
pandemi
saat
ini.
Penelitian
sebelumnya
menunjukkan
bahwa
dukungan
sosial
memiliki
peran
positif
terhadap
kesejahteraan
psikologis
siswa.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui
secara
empiris
hubungan
dukungan
sosial
dengan
kesejahteraan
psikologis
pada
siswa
SMA
di
Yogyakarta
selama
masa
pandemi
Covid-19.
Hipotesis
dalam
penelitian
ini
adalah
dukungan
sosial
akan
memiliki
hubungan
positif
terhadap
kesejahteraan
psikologis
pada
siswa
SMA
selama
masa
pandemi
Covid-19.
Penelitian
ini
menggunakan
pendekatan
kuantitatif
dengan
desain
penelitian
korelasional
dengan
melibatkan
kesejahteraan
psikologis
sebagai
variabel
dependen
dan
dukungan
sosial
sebagai
variabel
independen.
Penelitian
ini
melibatkan
225
siswa
dari
SMA
di
Daerah
Istimewa
Yogyakarta
dari
kelas
X
sampai
XII
yang
berusia
14-19
tahun
dan
untuk
menguji
hipotesis
peneliti
menggunakan
skala
kesejahteraan
psikologis
(The
Short
Warwick-edinburgh
Mental
Well
Being
Scale)
dan
skala
dukungan
sosial
(The
Multidimensional
Scale
of
Perceived
Social
Support).
Hasil
analisis
data
menggunakan
SPSS
menunjukkan
bahwa
terdapat
hubungan
positif
antara
dukungan
sosial
dan
kesejahteraan
psikologis
baik
pada
siswa
laki-laki
maupun
perempuan.
Collections
- Psychology [2173]