Hubungan Keingintahuan Dengan Minat Belajar Peserta Didik Sma/Ma Pada Pelajaran Kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara keingintahuan
dengan minat belajar peserta didik dalam pelajaran kimia; 2) profil keingintahuan
peserta didik dalam pelajaran kimia; dan 3) profil minat belajar peserta didik dalam
pelajaran kimia pada peserta didik SMA/MA tahun ajaran 2020/2021. Populasi
penelitian ini adalah 15 SMA dan MA dengan sampel penelitian berjumlah 97
orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa angket keingintahuan dan angket
minat belajar yang kemudian disebarkan secara daring/online melalui google
formulir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi
parametrik pearson product moment. Hasil penelitian yang didapat adalah 1)
terdapat hubungan yang signifikan antara keingintahuan dengan minat belajar; 2)
keingintahuan peserta didik dalam pelajaran kimia berada pada kriteria baik; 3)
minat belajar peserta didik dalam pelajaran kimia berada pada kriteria baik.
Collections
- Chemistry Education [326]