Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Haryanti, S.Sos,. M.I.Kom
dc.contributor.authorMARI LUCK
dc.date.accessioned2021-10-25T06:20:50Z
dc.date.available2021-10-25T06:20:50Z
dc.date.issued2021-04-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33577
dc.description.abstractMasih banyak UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengelola usaha, akses pemasaran dan masih rendahnya kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun Rumah BUMN Jogja sebagai wadah UMKM untuk belajar dan bertukar informasi dengan cara memberikan pelatihan serta pendampingan kepada para pelaku UMKM agar dapat berkembang dan memiliki kualitas ataupun dapat menghadapi tantangan usaha kedepannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi pemberdayaan pada program Rumah BUMN Jogja serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pedekatan deskripstif. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep pemberdayaan masyarakat, komunikasi pemberdayaan dan analisis SWOT. Pada proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan bagaimana elemen komunikasi pemberdayaan dijalankan di Rumah BUMN Jogja. Komunikator berasal dari pengurus Rumah BUMN Jogja itu sendiri dan fasilitator didatangkan dari luar yang dipilih berdasarkan pengalaman dan ahli pada bidangnya, Selanjutnya elemen pesan yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan para UMKM serta bentuk pesan yang digunakan berupa edukatif, informatif dan persuasif, pada elemen media menggunakan media tatap muka dan media online, adapun elemen penerima manfaat pada program Rumah BUMN Jogja adalah para UMKM, dan yang terakhir elemen feedback yang diberikan oleh penerima pesan adalah respon positif dan telah banyak UMKM yang menerapkan pengetahuan yang didapatkan pada usahanya. Selanjutnya Rumah BUMN Jogja menerapkan komunikasi 2 arah dan menggunakan media visual untuk mempermudah proses komunikasi. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya peran fasilitator yang membantu dalam keberhasilan program serta terbukanya peluang akses pemasaran. Dan faktor penghambat pada penelitian ini adalah tidak semua fasilitator dapat mengemas pesan dengan menarik kemudian sering kali pada saat proses penyampaian pesan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh UMKM.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemberdayaan Masyarakaten_US
dc.subjectKomunikasi Pemberdayaanen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.subjectRumah BUMN Jogjaen_US
dc.titleAnalisis Elemen Komunikasi Pemberdayaan Pada Program Rumah Bumn Jogjaen_US
dc.Identifier.NIM17321102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record