Penerapan Metode Rfm Dalam Mengelompokan Konsumen Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Sebuah Toko Online
Abstract
Perkembangan dan persaingan Industri di era modern ini sangatlah ketat, termasuk
salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dan informasi bentuk keterlibatan teknologi
dan informasi ini dalam pelayanan pembelian yang lebih dikenal dengan e-commerce,
antara penjual dan pelanggan tentu dimudahkan dalam pelayanan online ini, namun
problematika yang dihadapi juga semakin besar, salah staunya adalah data-data yang
masuk dalam jumlah yang besar terkadang menyulitkan penjual dalam menentukan strategi
yang harus diberikan untuk para konsumen, selain itu strategi pemasaran tidak tepat dan
yang cukup banyak dapat membuat biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu penelitian ini
mengangkat permasalahan tersebut menjadi latar belakang dalam penelitian, sedangkan
metode yang diterapkan adalah metode RFM (Recency,Frequency,Monetary) dan analitik.
Metode RFM ini nantinya akan digunakan untuk mengelompokan konsumen, dimana
dengan pengelompokan konsumen ini, toko online tersebut dapat memberikan strategi
pemasaran yang tepat untuk setiap kelompok yang terbentuk. Hasil dari penerapan metode
RFM dalam penelitian ini dihasilkan 4 kelompok dengan masing-masing kriteria dan
strategi yang berbeda pada setiap kelompoknya.
Collections
- Industrial Engineering [2224]