Pengaruh Empati Terhadap Peran Bystander Dalam Bullying Di Sekolah Melalui Mediator Moral Disengagement
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap peran bystander
dalam situasi bullying di sekolah melalui mediator moral disengagement. Subjek dalam
penelitian ini berjumlah 245 siswa SMA usia 15-17 tahun. Subjek merupakan siswa yang terlibat
sebagai bystander yang dilihat dengan menggunakan adaptasi skala Participant Role
Questionnaire (PRQ). Peneliti mengadaptasi instrumen alat ukur Basic Empathy Scale dan
Moral disengagement Scale. Uji validitas alat ukur menggunakan teknik confirmatory factor
analysis (CFA). Analisis data menggunakan teknik analisis mediasi sederhana dengan metode
bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan empati terhadap peran bystander defender dengan dimediasi moral disengagement dan
(2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan empati terhadap peran bystander reinforcer
dalam bullying di sekolah dengan dimediasi moral disengagement. Selanjutnya, hasil penelitian
menunjukkan (3) tidak ada efek mediasi moral disengagement pengaruh empati terhadap peran
bystander assistant, peran bystander outsider dan peran bystander aggressive defender.
Collections
- Master of Psychology [341]