Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog
dc.contributor.authorYAYAH DURROTUL GHOLIYAH
dc.date.accessioned2021-10-21T04:05:33Z
dc.date.available2021-10-21T04:05:33Z
dc.date.issued2021-05-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33422
dc.description.abstractAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap peran bystander dalam situasi bullying di sekolah melalui mediator moral disengagement. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 245 siswa SMA usia 15-17 tahun. Subjek merupakan siswa yang terlibat sebagai bystander yang dilihat dengan menggunakan adaptasi skala Participant Role Questionnaire (PRQ). Peneliti mengadaptasi instrumen alat ukur Basic Empathy Scale dan Moral disengagement Scale. Uji validitas alat ukur menggunakan teknik confirmatory factor analysis (CFA). Analisis data menggunakan teknik analisis mediasi sederhana dengan metode bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan empati terhadap peran bystander defender dengan dimediasi moral disengagement dan (2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan empati terhadap peran bystander reinforcer dalam bullying di sekolah dengan dimediasi moral disengagement. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan (3) tidak ada efek mediasi moral disengagement pengaruh empati terhadap peran bystander assistant, peran bystander outsider dan peran bystander aggressive defender.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMoral disengagementen_US
dc.subjectBystanderen_US
dc.subjectBullyingen_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.titlePengaruh Empati Terhadap Peran Bystander Dalam Bullying Di Sekolah Melalui Mediator Moral Disengagementen_US
dc.Identifier.NIM17915033
dc.Identifier.NIM17915033


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record