Show simple item record

dc.contributor.advisorHoly Rafika Dhona, S.I.Kom., M.A.
dc.contributor.authorDimas Adhi Satriya
dc.date.accessioned2021-10-18T07:33:27Z
dc.date.available2021-10-18T07:33:27Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33354
dc.description.abstractDimas Adhi Satriya. 16321093. Pembingkaian Media Online Terhadap Pemberitaan Terkait Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19 di Indonesia (Analisis Framing Republika.co.id dan CNNIndonesia.com Periode Oktober - Desember 2020). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Isu terkait kehalalan vaksin di tengah pandemi Covid-19 menjadi perbincangan hangat di media massa. Hal tersebut berkaitan dengan berbagai macam aspek mulai dari kesehatan, agama, hingga kebijakan pemerintah. Penelitian ini dilakukan untuk medeskripsikan bagaimana pembingkaian berita dan juga ideologi media dalam konstruksi yang dilakukan oleh media online Republika.co.id dan CNNIndonesia.com terhadap isu ini selama periode Oktober – Desember 2020. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bingkai pemberitaan dan juga bagaimana ideologi media dalam mengkonstruksi berita terkait sertifikasi halal vaksin Covid-19. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis framing oleh Robert N. Entman dan menggunakan dua teori yaitu framing dan ideologi media. Sedangkan media online yang peneliti pilih dalam penelitian ini adalah Republika.co.id dan CNNIndonesia.com, dengan berita yang dunggah kedalam portal berita online kedua media tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembingkaian yang dilakukan Republika.co.id dan CNNIndonesia.com memiliki perbedaan dalam pemberitaan terkait sertifikasi halal vaksin Covid-19. Republika.co.id yang beridiologi islam mengarahkan pembaca untuk yakin bahwa vaksin akan diberi fatwa halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta menampilkan citra MUI yang cukup baik dalam menangani isu tersebut. Sedangkan CNNIndonesia.com yang beridiologi nasional cenderung menonjolkan solusi yang diberikan dari berbagai narasumber untuk meyakinkan pembaca bahwa vaksin yang mengandung bahan non halal tetap aman digunakan dilihat dari aspek kesehatan maupun agama . Kata kunci: Sertifikasi halal, Analisis Framing, Ideologi media, Republika.co.id, CNNIndonesia.comen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSertifikasi halalen_US
dc.subjectAnalisis Framingen_US
dc.subjectIdeologi mediaen_US
dc.subjectRepublika.co.iden_US
dc.subjectCNNIndonesia.comen_US
dc.titlePembingkaian Media Online Terhadap Pemberitaan Terkait Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19 Di Indonesia (Analisis Framing Republika.co.id dan CNNIndonesia.com Periode Oktober - Desember 2020)en_US
dc.Identifier.NIM16321093


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record