Show simple item record

dc.contributor.authorRano Rizal
dc.date.accessioned2021-10-14T02:13:14Z
dc.date.available2021-10-14T02:13:14Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33246
dc.description.abstractKondisi persaingan usaha dibidang kesehatan saat ini sangat ketat, oleh karena itu sebuah rumah sakit perlu mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit secara lebih komprehensif dari berbagai sisi. Rumah Sakit Purbowangi sudah melakukan pengukuran kinerja keuangan, kinerja operasional serta kinerja mutu pelayanan dan manfaat bagi masyarakat, namun hal ini masih belum cukup karena banyak aspek-aspek penting yang jadi pemicu kinerja organisasi tidak terlihat dalam pengukuran kinerja tersebut dan pengukuran kinerja tersebut masih terpisah-pisah. Balanced Scorecard dapat digunakan karena dapat menganalisis kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam kinerja organisasi. Oleh karena itu masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah menganalisis kinerja Rumah Sakit Purbowangi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja rumah sakit melalui empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggaan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diharapkan dapat membuat pengukuran kinerja di RS Purbowangi menjadi lebih baik dari yang ada sekarang. Data diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder Rumah Sakit Purbowangi. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, aktivitas, efisiensi dan efektivitas. Perspektif pelanggan dilihat dari kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, dan akuisisi pelanggan. Perspektif proses Bisnis Internal dilihat dari inovasi dan proses operasi. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari kepuasan karyawan, retensi karyawan dan produktivitas karyawan Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan yaitu : perspektif pertumbuhan dan pembelajaran serta perspektif bisnis internal dianggap cukup baik , sedangkan untuk 2 perspektif lainnya yaitu perspektif pelanggan dan perspektif keuangan dianggap baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Purbowangi Kebumen karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, Perspektif bisnis internal, Perspektif pelanggan dan Perspektif keuangan, Rumah Sakit.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBalanced Scorecarden_US
dc.subjectPerspektif pertumbuhan dan pembelajaranen_US
dc.subjectPerspektif bisnis internalen_US
dc.subjectPerspektif pelangganen_US
dc.subjectPerspektif keuanganen_US
dc.subjectRumah Sakiten_US
dc.titleAnalisis Kinerja Rumah Sakit Purbowangi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecarden_US
dc.Identifier.NIM14911006


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record