Kepemimpinan Transformasional Dan Workengagement Pada Guru Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan
antarakepemimpinan tranformasional dan work engagementpada 155 guru
Sekolah Dasardi Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Penelitian
ini menggunakan dua skala, yaitu: (a) skala work engagement (17 aitem) yang
dibuat berdasarkan aspek-aspek dari (Schaufeleli, Bakker, & Salanova,
2006),dengan α= 0,786dan (b) skalakepemimpinan transformasional (20aitem)
yang dibuat berdasarkan aspek-aspek dari Avolio dan Bass (Greiman, 2009),
dengan α= 0,947.Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi
Spearmanmenunjukkan bahwa ada hubungan positif antarakepemimpinan
tranformasional dan work engagementpada guru Sekolah Dasar{r= 0,597,
(p<0,01)}, yaitu semakin tinggiskor kepemimpinan transformasional yang dimiliki
maka semakin tinggi skor work engagement pada Guru Sekolah
Dasar.Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis penelitian diterima.
Kata Kunci:Work engagement,Kepemimpinan transformasional, Guru Sekolah
Dasar
Collections
- Psychology [2228]