Analysis Of Factors Influencing The Intensity Of Transfer Pricing (An Empirical Study of Publicly-Listed Companies in Indonesia Stock Exchange for the Period of 2011-2015)
Abstract
Seiring dengan perkembangan ekonomi global yang signifikan, langkah strategis
harus diambil oleh perusahaan-perusahaan dalam mencapai keunggulan
kompetitif. Transfer pricing, sebagai salah satu strategi yang menjadi pilihan,
menggambarkan hubungan antar perusahaan dalam hal transfer asset intelektual,
asset berwujud, jasa, dan pinjaman atau transaksi keuangan lainnya dalam lingkup
satu kelompok pengendali. Transfer pricing perlu dievaluasi secara bijak untuk
memastikan efisiensi operasional perusahaan dan menjamin kewajaran transaksi
antar yurisdiksi bisnis. Penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti faktor-faktor
yang mempengaruhi intensitas transfer pricing. Berdasarkan sampel 259
perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015, hasil
path analysis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas
berdampak positif dan signifikan terhadap intensitas transfer pricing. Di sisi lain,
faktor ketaatan pajak, aset tak berwujud, dan struktur modal berdampak negatif
terhadap praktek transfer pricing. Penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan
kepada akademisi, manajemen perusahaan, dan investor dalam memahami
kerangka teori untuk mengevaluasi praktek transfer pricing, pertimbangan yang
komprehensif dalam menyelaraskan strategi dengan tujuan perusahaan, dan
penyediaan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan investasi. Dalam
sudut pandang Direktorat Jenderal Pajak, penelitian ini berkontribusi dalam
membrikan masukan dalam rangka perbaikan sistem perpajakan di Indonesia.
Kata kunci: Profitabilitas, ukuran perusahaan, aset tak berwujud, pajak, struktur
modal, transfer pricing, Indonesia
Collections
- Akuntansi [4399]