Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh profitabilitas dalam memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan (3) Pengaruh kepemilikan institusional dalam memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Sampel penelitian sebanyak 202 perusahaan manufaktur, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Profitabilitas sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dan nilai perusahaan (3) Kepemilikan institusional sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dan nilai perusahaan.
Kata kunci: CSR, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional
Collections
- Akuntansi [4399]