Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si.
dc.contributor.authorUrwawuska Ladini
dc.date.accessioned2021-10-04T06:29:38Z
dc.date.available2021-10-04T06:29:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32963
dc.description.abstractPerkembangan pengaruh globalisasi dan budaya menyebabkan semakin berkembangnya Peran pendidikan sangat penting dalam membentuk kualitas manusia dan pembangunan bangsa. Beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam pengembangan pendidikan terdapat dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan Nasional, salah satunya yaitu indikator pemerataan dan perluasan akses pendidikan yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK). Diantara jenjang pendidikan, APK SMA/sederajat di Kab.Semarang dari tahun 2011-2014 selalu lebih rendah dibandingkan dengan APK SD/sederajat dan APK SMP/sederajat. Rendahnya APK pada jenjang pendidikan SMA/sederajat ini perlu menjadi perhatian bersama. Oleh karena itu, peneliti menganalisis menggunakan k-means cluster mengenai identifikasi kecamatan pada partisipasi pendidikanSMA/sederajat di Kabupaten Semarang. Cluster 1 terdiri dari tujuh kecamatan, Cluster 2 terdiri dari delapan kecamatan, Cluster 3 terdiri dari satu kecamatan, Cluster 4 terdiri dari dua kecamatan, dan Cluster 5 terdiri dari satu kecamatan. Dari aspek sekolah, fasilitas pendidikan paling tinggi tersedia di Kec. Ungaran Barat pada Cluster 3 dan menempati angka tertinggi ratarata jumlah keluarga pada tingkat keluarga sejahtera tahap I hingga tahap III. Rata-rata jumlah keluarga tahap keluarga sejahtera III plus tertinggi berada pada Cluster 4 yaitu Kec. Ambarawa dan Kec. Bawen. Jumlah keluarga tahap pra keluarga sejahtera tertinggi berada pada Cluster 5 yaitu Kec. Suruh. Berdasarkan karakteristik daerahnya, jumlah penduduk usia sekolah 16-18 tahun rata-ratanya tidak berbeda jauh pada masing-masing cluster, namun angka tertinggi berada pada Cluster 3 yaitu Kec. Ungaran Barat. Kata Kunci : Pendidikan, SMA/sederajat, K-Means Clusteren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectSMA/sederajaten_US
dc.subjectK-Means Clusteren_US
dc.titleProfil Partisipasi Pendidikan Sma/Sederajat Pada Kecamatan Di Kabupaten Semarang Menggunakan K-Means Cluster (Studi Kasus Aspek Sekolah, Rumah Tangga, dan Karakteristik Daerah Kabupaten Semarang Tahun 2014)en_US
dc.Identifier.NIM12611094


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record