Implementasi Text Mining Pada Sosial Media Twitter Dalam Menganalisis Topik – Topik Terkait “Barack Obama Dan Donald Trump”
Abstract
Sebagai salah satu media jejaring sosial yang keberadaannya masih diminati oleh masyarakat luas sampai saat ini, twitter sering digunakan untuk bertukar informasi. Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan twitter, maka tidak dipungkiri twitter akan menghasilkan kumpulan data yang besar. Perlu adanya suatu penanganan menggunakan metode khusus untuk mengalisis data pada twitter sehingga tidak terdapat suatu kondisi yang disebut “Rich of Data but Poor of Information”. Tugas akhir ini merupakan penerapan metode text mining untuk membahas mengenai perbedaan pemikiran atau topik pembicaraan yang menonjol antara dua orang yang merupakan presiden dan presiden terpilih Amerika Serikat melalui analisis data twitter dari official account mereka. Dimana didapatkan beberapa informasi yang bermanfaat seperti keseringan penggunaan kata-kata yang menyertai kata topik saling berhubungan pada Barack Obama adalah senate. Sedangkan pada Donald Trump adalah will. Diketahui pula tidak terdapat kesamaan (adanya perbedaan) topik yang mereka cuitkan ditwitter. Berdasarkan analisis sentimen Barack Obama lebih banyak berbicara netral dibandingkan dengan Donald Trump karena angka cuitan netral Obama (74.32%) lebih besar dibandingkan dengan angka cuitan netral Trump (50.94%).
Kata Kunci: Presiden, Text Mining, Topik, Twitter, Analisis Sentimen
Collections
- Statistics [902]