Mengurangi Perilaku Bullying Melalui Konseling Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Di MTS X Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok teknik
role-playing dalam mengurangi perilaku bullying pada siswa di MTs X Sleman.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 berusia 13-15 tahun berjumlah 12 orang,
6 siswa kelompok esksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol. Perlakuan yang
diberikan pada kelompok eksperimen adalah dengan menggunakan konseling
kelompok teknik role-playing sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan
perlakuan. Pengumpulan data menggunakan 2 cara, yaitu dengan skala bullying
berdasarkan teori dari Olweous (Solberg dan Olweous, 2013) dan wawancara.
Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan gain score untuk
melihat pengaruh konseling kelompok teknik role-playing dalam mengurangi
perilaku bullying. Uji gain score pada kelompok kontrol menunjukkan nilai mean =
6.50 dan pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai mean = - 11.75, sehingga
dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima karena konseling
kelompok yang diberikan kepada kelompok eksperimen cukup efektif dalam
menurunkan perilaku bullying.
Kata kunci: bullying, konseling kelompok, role-playing, siswa
Collections
- Psychology [2177]