Show simple item record

dc.contributor.advisorMira Aliza Rachmawati, M.Psi
dc.contributor.authorDebi Triani
dc.date.accessioned2021-09-27T01:06:41Z
dc.date.available2021-09-27T01:06:41Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32753
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok teknik role-playing dalam mengurangi perilaku bullying pada siswa di MTs X Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 berusia 13-15 tahun berjumlah 12 orang, 6 siswa kelompok esksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah dengan menggunakan konseling kelompok teknik role-playing sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Pengumpulan data menggunakan 2 cara, yaitu dengan skala bullying berdasarkan teori dari Olweous (Solberg dan Olweous, 2013) dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan gain score untuk melihat pengaruh konseling kelompok teknik role-playing dalam mengurangi perilaku bullying. Uji gain score pada kelompok kontrol menunjukkan nilai mean = 6.50 dan pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai mean = - 11.75, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima karena konseling kelompok yang diberikan kepada kelompok eksperimen cukup efektif dalam menurunkan perilaku bullying. Kata kunci: bullying, konseling kelompok, role-playing, siswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectbullyingen_US
dc.subjectkonseling kelompoken_US
dc.subjectrole-playingen_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.titleMengurangi Perilaku Bullying Melalui Konseling Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Di MTS X Slemanen_US
dc.Identifier.NIM12320255


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record