Analisis Regresi Data Panel Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Harga Saham (Studi Kasus: Harga Saham Pada Lima Perusahaan Di Sektor Konsumer, Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 - 2019)
Abstract
Pasar modal adalah tempat yang menjembatani perusahaan yang akan menjual
saham sebagai dana untuk memperkuat modal perusahaan dengan masyarakat
yang akan berinvestasi. Untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan
keuntungan, investor dapat melakukan analisis terhadap saham perusahaan yang
akan dipilih salah satunya menggunakan analisis fundamental yang menganalisis
berbagai faktor yang berhubungan dengan saham dan dapat mempengaruhi
harga saham. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel
dengan menggunakan estimasi Model Common Effect dan Model Efek Tetap.
Berdasarkan analisis regresi data panel yang dilakukan, didapatkan hasil
estimasi model data panel yang sesuai untuk permodelan faktor fundamental pada
harga saham PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT
Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Ultrajaya Milk Industry &
Trading Company Tbk dan PT Unilever Indonesia Tbk periode 2017-2019 adalah
model efek tetap dengan efek dua arah. Secara simultan, seluruh variabel bebas
yang terdiri dari Price Earning Ratio (PER), Earning Per Share (EPS), Price to
Book Value (PBV), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), Return
on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap
harga saham. Namun, secara parsial hanya variabel bebas Earning Per Share
(EPS), Price to Book Value (PBV), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity
(ROE) yang mempengaruhi harga saham, sedangkan variabel Price Earning
Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), dan Net Profit Margin (NPM) tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham lima perusahaan tersebut.
Collections
- Statistics [903]