Pengembangan Alat Promosi Digital Berbasis Virtual Tour (Studi Kasus Taman Sari)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membuat
perusahaan harus berupaya dalam memasarkan produknya. Hal ini termasuk dalam bidang
pariwisata yang saat ini menggunakan berbagai macam metode untuk melakukan pemasaran
dan promosi. Sebagai provinsi yang memiliki banyak objek wisata, Daerah Istimewa
Yogyakarta perlu melakukan inovasi dalam hal promosi terutama dalam mempromosikan
objek wisata yang sudah ada. Dalam melakukan kegiatan promosi Daerah Istimewa
Yogyakarta sendiri sudah memanfaatkan media sosial seperti Instagram, facebook, dan hal ini
sudah dirasa cukup. Namun tetapi media tersebut pada umumnya sudah banyak digunakan
untuk memperkenalkan objek wisata sehingga dengan menggunakan media yang berbeda
dengan yang lain dalam melakukan pengenalan objek wisata yang berada di Daerah Istimewa
Yogyakarta yaitu dengan menggunakan teknologi Virtual Tour.
Dari semua hal di atas, penulis membangun aplikasi Virtual Tour yang menarik dan
informatif agar dapat digunakan sebagai media promosi tempat wisata Taman Sari. Aplikasi
dibangun dengan metode ADDIE dan menggunakan Unity3D untuk pembuatannya. Pengujian
Aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbock dan usabilitas. Hasil dan Kesimpulan dari
penelitian ini, aplikasi alat promosi digital berbasis Virtual Tour studi kasus taman sari ini dapat
dijadikan media promosi yang menarik serta informatif.
Collections
- Informatics Engineering [2162]