Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Customer Memilih Hotel Syariah Sebagai Layanan Jasa (Studi Pada Syariah Hotel Solo)
Abstract
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Customer Memilih Hotel Syariah Sebagai Layanan Jasa (Studi Pada Syariah Hotel Solo)
Rezqi Try Arisman
(11423056)
Bisnis hotel syariah di kota surakarta (solo) sangat berkembang pesat dan menjanjikan, hotel syariah merupakan bisnis akomodasi yang berdasarkan aturan – aturan pada Al – quran, Hadist ataupun Fiqh. Pelayanan dan fasilitas dengan sistem islami menjadikan bisnis ini berbeda dengan bisnis hotel lainnya, sehingga mendatangkan Keputusan Customer untuk menggunkan jasa akomodasi tersebut. Selain itu, faktor Keputusan customer akan pilihannya sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan akomodasi atau layanan jasa penginapan.
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor – faktor yang mempengaruhi Keputusan Customer atas pilihannya untuk berkonsumsi pada layanan akomodasi di Syariah Hotel Solo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan regresi linier berganda, dengan cara mengambilan data menggunakan angket, wawancara singkat dan dokumentasi yang berhubungan dengan topik ini. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi sebagai penilaian Keputusan Customer atas pilihannya yaitu, (harga (X1), fasilitas (X2), pelayanan (X3), tempat (X4), brand hotel (X5), serta pemasaran dan promosi (X6) dari pihak hotel). Selain itu, penelitian ini mencari variabel yang paling dominan atau yang paling berpengaruh pada Keputusan Customer atas pilihannya.
Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa hasil yang didapat adalah: 1) adanya nilai negatif pada koefisiensi regresi variabel harga sebesar -0,101, sedangkan pada variabel fasilitas, pelayanan, tempat, brand hotel serta pemasaran dan promosi bernilai positif; 2) hasil uji t (parsial) menunjukan keseluruhan variabel dengan nilai signifikan pada probabilitas tingkat kesalahan 5%; 3) hasil uji F diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti keseluruhannya berpengaruh secara simultan; 4) koefisiensi determinasi dengan nilai 0,414 yang berarti bahwa 41,4% Keputusan Customer memilih Syariah hotel Solo dipengaruhi keenam variabel; 5) variabel fasilitas (X2) mempunyai pengaruh paling dominan yakni 0,337.
Kata kunci : Keputusan Customer, Hotel Syariah, faktor – faktor
Collections
- Islamic Economics [827]