dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan intelektual, kecerdasan
emosional, kecerdasan spiritual berpengaruh secara parsial terhadap tingkat
pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan
menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuisioner yang dibagikan kepada
responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Responden dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa S1 jurusan akuntansi angkatan tahun 2010, 2011, 2012, dan
yang masih aktif, telah menyelesaikan mata kuliah Akuntansi Biaya, Akuntansi
Keuangan lanjutan, akuntansi keuangan Menengah, Akuntansi Kombinasi Bisnis,
Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pengantar, Teori Akuntansi, dan Pengauditan
dan telah menempuh lebih dari 120 sks. Sebanyak 111 kuisioner yang dikirim dan
kuisioner kembali semua. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis
hanya 100 kuisioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
secara parsial kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual berpengaruh
terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan emosional tidak
berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata kunci: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan
spiritual, tingkat pemahaman akuntansi | en_US |