Perancangan Art Market di Kawasan Senggigi Lombok Dengan Pendekatan Critical Regionalism
Abstract
Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki potensi wisata yang layak untuk dikembangkan.
Kabupaten Lombok Barat memiliki potensi wisata yang cukup terkenal, salah satunya kawasan
Senggigi. kawasan Senggigi terletak di sebelah barat Pulau Lombok. Salah satu cara untuk
meningkatkan pariwisata di kawasan Senggigi adalah dengan mengembangkan Tempat wisata
seperti Art Market dan fasilitas pendukung lainnya dengan tujuan memperkenalkan kesenian dan
kerajinan yang ada di NTB khususnya di Pulau Lombok. Tidak hanya itu, Art Market dirancang
juga untuk meningkatkan perekonomian pada masa pandemi, agar para pengrajin di Lombok bisa
terus mengembangkan kreatifitasnya dan kesenian dan kerajinan Lombok bisa banyak di kenal
oleh banyak orang.
Art Market ini hadir untuk menampung hasil karya seni dan kerajinan setempat yang dapat
dipasarkan kepada wisatawan yang berkunjung. Metode Regionalisme digunakan dalam desain
untuk menjadi daya tarik pengunjung melalui interior dan eksterior bangunan sebagai ekspresi
keindahan arsitektur Sasak . Metode kedaerahan digunakan agar wisatawan dapat mengenal
budaya Pulau Lombok.
Kata Kunci : ( Art Market, Pariwisata, Seni dan Kerajinan, Regionalisme )
Collections
- Architecture [3718]