Hubungan Antara Kelekatan Terhadap Orangtua Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa SMA N 1 Wates
Abstract
Bandura mengatakan efikasi diri akademik merupakan penilaian atau keyakinan
siswa terhadap kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan tugas-tugas
dalam rangka mencapai performansi akademik yang diharapkan (Zimmerman,
2002). Penelitian kali ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada hubungan
antara kelekatan terhadap orangtua dengan efikasi diri akademik pada siswa
remaja di SMA N 1 Wates. Uji Hipotesis dilakukan terpisah yaitu kelekatan ayah
dan kelekatan ibu dengan efikasi diri akademik.Hipotesis yang didapatkan yaitu
ada hubungan positif antara kelekatan ayah dengan efikasi diri akademik,
sedangkan pada hubungan kelekatan ibu dengan efikasi diri akademik tidak
menunjukkan hasil yang signifikan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa remaja
umur 16-18 tahun. 115 siswa diharuskan mengisi secara lengkap kedua skala,
yaitu skala yang di adaptasi dari peneliti sebelumnya yaitu Darwin (2015) melalui
aspek dari Bandura dengan 25 aitem yang mengukur efikasi diri akademik dan
skala dari peneliti sebelumnya yaitu Angesti (2014) yang di adaptasi dari
Inventory Parent and Peer Attachment Revised (Greenberg dan Armsden, 2013)
yang hanya dapat mengambil 22 yang mengukur kelekatan ayah dan 21 yang
mengukur kelekatan ibu. Hasilnya adalah dalam penelitian ini terdapat korelasi
yang kuat antara kelekatan ayah dengan efikasi diri akademik pada siswa SMA N
1 Wates. Hal ini diperlihatkan melalui koefisien korelasi sebesar 0,293 dan p =
0,001 (p<0,01),sedangkan untuk kelekatan ibu dengan efikasi diri akademik
menunjukkan tidak adanya korelasi dengan koefisien korelasi sebesar 0,161 dan p
= 0,085 (p>0,01). Sehingga, hipotesis yang dihasilkan adalah dapat diteima.
Kata Kunci : Kelekatan terhadap Orangtua, Efikasi Diri Akademik
Collections
- Psychology [2174]