Pengaruh Variabel Kebermanfaatan, Kemudahan, Kepercayaan, Keterbukaan Informasi, Biaya, Ketersediaan Jaringan, Dan Penguasaan Teknologi Terhadap Minat Nasabah Di Pedesaan Untuk Menggunakan Mobile Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor persepsi kebermanfaatan, kemudahan, kepercayaan, keterbukaan informasi, biaya, ketersediaan jaringan, dan penggunaan teknologi berpengaruh terhadap minat para nasabah untuk menggunakan layanan mobile banking. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasr penelitian. Objek dari penelitian ini adalah para nasabah bank di daerah pedesaan yang belum maupun yang sudah menggunakan layanan mobile banking di daerah Tokerten dan Njingin, Kab Sleman, DIY. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan pengumpulan sampel diambil dengan menggunakan metode sampling aksidental. Dari tujuh hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, dua diantaranya tidak terbukti yaitu persepsi kebermanfaatan dan ketersediaan jaringan. Hipotesis yang terbukti yaitu kemudahan, kepercayaan, keterbukaan informasi, biaya, dan penggunaan teknologi mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking.
Kata kunci : mobile banking, pedesaan, minat, kebermanfaatan, kemudahan, kepercayaan
Collections
- Akuntansi [4519]