Pengaruh Perilaku Teman dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa MTsN Prambanan Sleman Tahun 2007/2008
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Perilaku Teman dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa MTsN Prambanan Sleman Tahun 2007 / 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Pengaruh antara Perilaku Teman dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan, (2) Pengaruh antara Perilaku Teman terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan, (3) Pengaruh antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan. Variabel yang diungkapkan adalah : Perilaku Teman, Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Religiusitas Siswa.
Populasi dalam penelitian ini sebesar 526 siswa di MTsN Prambanan, Sleman Yogyakarta. Pengambilan sample dilakukan secara stratified random sampling yaitu sebanyak 114 siswa, yang terdiri dari 40 siswa kelas VII, 36 siswa kelas VIII dan 38 siswa kelas IX. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi product moment Pearson, sedangkan uji realibilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Perilaku Teman dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan (Fhitung = 29,296 > Ftabel = 3,070, p (0,000 < 0,05), dengan demikian hipotesis yang pertama terbukti kebenarannya. Dari analisis juga terbukti bahwa ada pengaruh antara Perilaku Teman terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan (thitung = 2,533 > ttabel = 1,98, p (0,013 < 0,007), dengan demikian hipotesis yang kedua terbukti kebenarannya. Tidak terdapat pengaruh antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Religiusitas Siswa di MTsN Prambanan (thitung = 5,483 > ttabel = 1,98, p (0,000 < 0,05), dengan demikian hipotesis yang ketiga terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya adalah Y = 14,454 + 0,434 X1 + 0,637 X2. Nilai koefisien korelasi (R) adalah seebsar 0,588, sedangkan nilai determinasinya adalah 0,345. Ini berarti bahwa ada sebesar 34,5% Tingkat Religisuitas Siswa dipengaruhi oleh variabel Perilaku Teman dan Pola Asuh Orang Tua. Sedangkan sisanya sebesar 65,5% dipengaruhi oleh variabel diluar model.
Collections
- Islamic Education [861]