Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Gambiranom Depok Sleman
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, prestasi siswa dan faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Gambiranom Kecamatan Depok.
Populasi pada penelitian ini berjumlah 141 anak sampel penelitian diambil 32% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 45 anak. Data pada penelitian ini diambil dengan menyebarkan angket untuk siswa, wawancara untuk kepala sekolah dan guru pendidikan agama. Dokumentasi untuk mencari data yang berkaitan dengan administrasi sekolah, sejarah berdirinya dan sarana prasaranya yang ada. Analisis data selanjutnya digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan agama Islam di SDN Gambiranom sudah berjalan dengan baik dilihat dari faktor guru yang telah menyiapkan persiapan mengajar, waktu pelajaran yang efektif dan efisien, dan adanya evaluasi pembelajaran. Prestasi siswa dalam pelaksanaan pengajaran agama Islam termasuk kategori baik hal ini ditunjukkan dengan siswa yang memiliki rata-rata baik mencapai 65% dan yang memiliki cukup 35%. Faktor pendukung dari proses belajar ini adalah jarak dari rumah kesekolah yang dekat, motivasi dari siswa yang besar dan sarana yang lengkap kemudian faktor penghambatnya adalah kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, pergantian/perbedaan kurikulum kurikulum.
Collections
- Islamic Education [862]