Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan di Jurusan Teknik Industri FTI-UII Menggunakan Servqualfuzzy (Study Kasus di Jurusan Teknik Industri, FTI-UII)
Abstract
Dalam hal menghadapi persaingan yang ketat di bidang pendidikan maka Prodi
Teknik Industri FTI-UII, Yogyakarta harus bersaing dengan Universitas lain.
Suatu usaha untuk meningkatkan daya saing dengan mengetahui kepuasan mahasiswa. Strategi tersebut merupakan cara yang cukup penting dalam menghadapi tingkat persaingan yang
kompetitif antara Universitas yang satu dengan Universitas lainnya.
Dari data yang didapat, penulis mencoba untuk menganalisa hal-hal apa saja yang
mempengaruhi kepuasan konsumen dalam memilih Prodi Teknik Industri FTI-UII,
Yogyakarta dengan menggunakan 5 dimensi yaitu : Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance, dan Empaty. Pada penelitianini, menggunakan fuzzy logic
metode Mamdani.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh input terdiridariTangible 4.2
dengan domain [4 5.5 7] yang artinya tangible puas, Reliability 4.3 dengan domain [4
5.5 7] yang artinya reliability puas, Responsiveness 4.3 dengan domain [4 5.5 7] yang
artinya responsiveness puas, Assurance 4.4 dengan domain [4 5.5 7] yang
artinyatingkat assurance puas, Empaty 4.3 dengan domain [4 5.5 7] yang
artinya tingkat empaty puas menghasilkan output tingkat kepuasan Prodi Teknik Industri
FTI-UII sebesar 5.5 dengan domain [5.5 7 8 8] yang artinya tingkat kepuasan Prodi
Teknik Industri FTI-UII sangat puas.
Kata kunci: Kepuasan mahasiswa, fuzzy logic, Prodi TeknikIndustri FTI-UII
Collections
- Industrial Engineering [2225]