Profesionalisme Guru untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Profesionalisme Guru Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam hal ini di Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman. Karena Berdasarkan Human Development Report 2003. nilai Human Development Index (HDI) atau Indek Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia merosot dari 0,684 menjadi 0,682. hal ini menyebabkan peringkat Indonesia di antara 175 negara juga merosot dari posisi 110 menjadi 112. Kenyataan ini tentu bukan sesuatu yang menggembirakan sebab ternyata bangsa-bangsa lain begitu serius untuk melakukan pembangunan SDM-nya terutama melalui pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu menangkap kejadian, fenomena, fakta, dan realita yang ada, kemudian mengambil makna darinya. Datanya dinyatakan dalam bentuk simbolik seperti pernyataan, tafsiran, tanggapan-tanggapan lisan, dan tanggapan-tanggapan nonverbal. Subjek penelitian ini berupa Guru dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman dengan metode angket, wawancara, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan metode deskriptif analitik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Madrasah Aliyah Negeri Pakem termasuk profesional. Sedangkan upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman untuk peningkatan kualitas pendidikan adalah: pengiriman guru untuk mengikuti pelatihan, penugasan guru untuk mengikuti studi lanjut, dan pengiriman guru untuk mengikuti ujian sertifikasi.
Collections
- Islamic Education [861]