Konsep Komunikasi Efektif Guru Dalam Proses Belajar Mengajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang konsep komunikasi efektif guru dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan proses belajar mengajar, tidak lepas dari peran guru dan siswanya. Proses interaksi yang terjadi antara guru dan siswa, tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan komunikasi. Komunikasi dalam proses pengajaran mempunyai peranan penting untuk menerangkan, menjelaskan, dan memberi tahukan materi pelajaran. Akan tetapi pada kenyataannya tidak jarang didalam proses belajar mengajar, terjadi sebuah komunikasi yang tidak efektif. Keadaan seperti ini bisa saja terjadi dikarenakan para guru belum mengetahui konsep komunikasi efektif dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau Library Research yang menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder untuk mendapatkan bahan penelitiannya. Data yang didapat kemudian direduksi dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) sesuai dengan masalah yang diteliti, sehingga mendapatkan inferensi dari data yang telah dikumpulkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep komunikasi efektif guru dalam proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah upaya guru dalam mewujudkan tercapainya kesepahaman antara siswa dengan dirinya tentang apa yang sedang dipelajari, dalam kegiatan yang integral (utuh terpadu), yang melibatkan seluruh komponen yang ada, yang diarahkan pada proses pencapaian dari tujuan proses belajar mengajar itu sendiri, yakni tercapainya perubahan perilaku pada diri siswa yang meliputi pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan lain sebagainya. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga memuat tentang tujuan, faktor-faktor yang mempengaruhi, indikator keberhasilan, dan pola pengembangan komunikasi efektif guru dalam proses belajar mengajar.
Collections
- Islamic Education [861]