HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DAN PEMBELIAN KOMPULSIF TERHADAP PRODUK FASHION PADA REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara konformitas dengan
pembelian kompulsif terhadap produk fashion pada remaja. Hipotesis atau dugaan
awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada keterkaitan antara konformitas
dengan pembelian kompulsif, semakin tinggi perilaku konformitas semakin tinggi
pembelian kompulsif. Subjek dalam penelitian ini adalah para remaja khususnya
para mahasiswa dengan rentang usia 18 tahun sampai dengan 24 tahun yang
berdomisili di Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson,
untuk menguji hubungan antara konformitas dengan pembelian kompulsif. Hasil
analisis diketahui bahwa besarnya koefisien korelasi antara kedua variabel adalah
rxy = 0.285 dan nilai P = 0.003 (p < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
secara nyata, perilaku konformitas memiliki efek bagi meningkatnya perilaku
pembelian kompulsif. Dengan demikian semakin tinggi perilaku konformitas
maka semakin tinggi perilaku pembelian kompulsif, demikian juga sebaliknya,
semakin rendah perilaku konformitas maka semakin rendah perilaku pembelian
kompulsif.
Kata kunci: konformitas, pembelian kompulsif
Collections
- Psychology [2188]