Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengadopsian Layanan Internet Banking Menurut Perspektif Nasabah Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini berjudul “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengadopsian Layanan Internet Banking Menurut Perspektif Nasabah di Indonesia” yang bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi para nasabah bank dalam mengadopsi atau menggunakan layanan internet banking di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar penelitian dan fokus pada variabel eksternal model TAM dengan menggabungkan karakteristik-karakteristik teknologi sebagai variabel anteseden persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan untuk membangun model pengadopsian internet banking di Indonesia.
Penelitian ini mengambil sampel para nasabah bank yang telah menggunakan internet banking di kota Jakarta. Sampel responden diambil dengan menggunakan teknik sampling aksidental, dari seluruh kuisioner yang tersebar sejumlah 150, yang dapat kembali dan diolah sebanyak 124 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program AMOS versi 6.0.
Dari tujuh belas hipotesis yang diujikan pada penelitian ini, satu diantaranya tidak terbukti adalah hipotesis ke-12, Kompatibilitas berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan penggunaan. Salah satu hipotesis yang tidak terbukti tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini tetap mendukung teori TAM yang menyatakan bahwa perilaku adopsi teknologi dipengaruhi oleh tujuan penggunaan yang dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan sistem.
Kata Kunci: Pengadopsian teknologi, Internet banking, Technology Acceptance Model (TAM).
Collections
- Akuntansi [4444]