Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Internet Banking Ditinjau Dari Sudut Pandang Bank Sebagai Penyedia Layanan
Abstract
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Internet Banking Ditinjau dari Sudut Pandang Bank sebagai Penyedia Layanan” yang bertujuan untuk menguji karakteristik atau atribut-atribut yang digunakan para nasabah bank dalam mengadopsi teknologi internet banking di Indonesia, khususnya di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar penelitian dan fokus pada variabel eksternal model TAM dengan menggabungkan karakteristik-karakteristik teknologi sebagai variabel sebelumnya (anteseden) persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan untuk membangun model pengadopsian internet banking di Indonesia.
Penelitian ini mengambil sampel yaitu pihak perbankan di Kota Semarang yang sudah mengimplementasikan internet banking dalam proses transaksi. Metode pengambilan sampel dengan cara teknik aksidental (secara kebetulan) didasarkan pada kemudahan, dari jumlah 120 kuesioner yang disebar sebanyak 103 kuesioner dapat kembali dan diolah. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program AMOS versi 6.0.
Dari tujuhbelas hipotesa yang diujikan pada penelitian ini, lima diantaranya terbukti. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan internet banking tidak dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Persepsi kemudahan penggunaan juga tidak mempengaruhi persepsi manfaat. Penelitian ini tidak mendukung teori TAM yang menyatakan bahwa perilaku pengadopsian teknologi dipengaruhi oleh tujuan penggunaan yang dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan sistem.
Kata Kunci: Internet banking, Technology Acceptance Model (TAM), Pengadopsian teknologi
Collections
- Akuntansi [4444]