Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pengadopsian Mobile Banking (Studi Kasus pada Pengguna Mobile Banking di Semarang)
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pengadopsian Mobile Banking ( Studi Kasus Pada Pengguna Mobile Banking di Semarang)” yang bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai faktor–faktor apa saja yang berpengaruhi terhadap pengadopsian mobile banking di Semarang. Penelitian ini menggunakan TAM sebagai dasar penelitian dikarenakan TAM merupakan model yang paling banyak digunakan dalam berbagai penelitian mengenai proses adopsi teknologi informasi termasuk mobile banking terutama mengenai kesederhanaan dan kemampuan menjelaskan hubungan sebab akibat serta TAM memberikan kerangka dasar penelusuran pengaruh faktor eksternal terhadap persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan yang merupakan determinan utama prilaku adopsi.
Penelitian ini mengambil sampe dari pihak nasabah bank di kota Semarang yang sudah mengimplementasikan mobile banking dalam transaksi mereka. Metode pengambilan sampel dengan cara teknik aksidental yaitu berada pada waktu, situasi dan tempat yang tepat. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 115 kuesioner dengan rincian 10 kuesioner tidak sesuai dengan ketentuan dan 105 kuesioner dapat diolah. Pengujian dengan menggunakan AMOS versi 6,0.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa seluruh atribut pertanyaan dinyatakan valid dan reliable namun dalam pengujian hipotesa terdapat empat hipotesa yang tidak dapat dijelaskan atau dibuktikan melalui data yaitu: variable manfaat, kompatibilitas, keinovatifan teknologi, dan pelatihan yang tidak mendukung persepsi kemudahan penggunaan.
Collections
- Akuntansi [4426]