Integrasi Wawasan Global Dan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Islam (Studi tentang Konsep dan Strategi Glokalisasi di Afkaaruna Islamic School Yogyakarta)
Abstract
Globalisasi dengan segudang pengaruhnya memberikan dampak terhadap
dunia pendidikan. Globalisasi secara positif membawa wajah pendidikan di Indonesia
menjadi dekat dengan kecanggihan teknologi, kemajuan berpikir dan arsitekturnya
yang megah. Akan tetapi, disisi lain pilihan terhadap globalisasi membawa resiko yang
membuat lembaga pendidikan di Indonesia menjauh dari tradisi dan kehilangan jati
diri. Selain itu, globalisasi apabila tidak disaring akan membawa faham yang bertolak
belakang dengan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) seperti materialisme,
konsumerisme, dan hedonisme. Di sini, pendidikan Islam yang memiliki prinsip
mengutamakan tujuan agama dan akhlak berperan sebagai pondasi sekaligus benteng
individu yang membimbing perkembangan peserta didik baik dari aspek intelektual
spiritual, psikologis dan sosial. Karena, dengan dibekali pendidikan Islam, seorang
anak akan mampu memilah dan memilih nilai positif yang dapat diambil dari
globalisasi tanpa menghilangkan nilai kearifan lokal yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan konsep 'glokalisasi'
serta bagaimana implementasinya strategi yang diterapkan di Afkaaruna Islamic
School. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah
kepala sekolah, direktur operasional dan HRD, guru agama, wali kelas, siswa dan orang
tua murid. Objek penelitian ini ialah konsep serta strategi 'glokalisasi' yang diterapkan
oleh Afkaaruna Islamic School. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, pengajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Afkaaruna Islamic School menerapkan
konsep ‘glokalisasi’ yang terwujud dalam visi misi, tujuan, serta core-values yang
menjadi pilar Afkaaruna. Adapun core-values atau pilar utama yang menjadi asas dan
landasan dimiliki Afkaaruna ialah Islam, International minded (berwawasan
internasional), dan local-values (nilai lokal). Ketiga nilai inilah yang mendasari setiap
program, langkah dan gerakan di Afkaaruna Islamic School.
Collections
- Islamic Education [863]