Teknik Evaluasi Pembelajaran Bagi Keberlangsungan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Umar Bin Khattab Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini muncul karena keingintahuan peneliti terhadap teknik
evaluasi pembelajaran yang selama ini sudah diterapkan oleh Ma’had Umar Bin
Khattab Yogyakarta. Oleh karenanya, peneliti berusaha mengkaji tentang
bagaimana teknik evaluasi pembelajaran yang digunakan dan dampak
penerapannya bagi keberlangsungan program pembelajaran Bahasa Arab di
Ma’had Umar Bin Khattab Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan jenis penelitiannya
adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menerapkan aktivitas
dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian setelah data terkumpul,
dilakukannya analisis data dengan model Miles dan Huberman, diantaranya yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil
penelitian ini berbentuk narasi dan tabel.
Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data
bahwasanya teknik evaluasi pembelajaran oleh Ma’had Umar Bin Khattab
kepada program pembelajaran Bahasa Arabnya menerapkan teknik tes dan teknik
non-tes. Dampak dari adanya teknik evaluasi pembelajaran terhadap
keberlangsungan program ini adalah dapat menempatkan santri dan mengukur
kemampuannya sebelum memasuki ke kelas yang dia pilih (1); beberapa program
dan kelas tidak dibuka dan/atau diberhentikan sementara (2); adanya
pengembangan dan/atau perbaikan kualitas pengajaran, bobot soal dan silabus
(3); dapat menentukan bahwa santri program reguler tersebut lulus dan/atau
lanjut ke level atau kelas berikutnya atau tidak (4); dan adanya perancangan
untuk membuka kembali program-program Bahasa Arab yang telah lama
berhenti atau vakum dan membuka program baru (5).
Collections
- Islamic Education [862]